| Raih Pencapaian Terbesar di 2019 Secara Komersil dan Masuk Festival Bergengsi, Joko Anwar Berterima Kasih Kepada Penonton

Posted on Des 10, 2019

Jakarta, 9 Desember 2019 – Menjelang penutupan akhir tahun, Joko Anwar berterima kasih kepada penonton. Sutradara dan penulis skenario itu menulis skenario untuk empat film dan menyutradarai dua film di antaranya. Film yang disutradarai dan ditulis skenarionya adalah ‘Gundala’ dan ‘Perempuan Tanah Jahanam’, sedangkan yang ditulis skenarionya adalah ‘Orang Kaya Baru’ dan ‘Ratu Ilmu Hitam’.

 

Melalui akun Instagram-nya ia menyampaikan ucapan terima kasih, “Di 2019 film saya empat. Ada komedi, action, thriller, horor. Dua saya tulis untuk sutradara lain, dua saya tulis & sutradarai sendiri. Satu masuk Toronto, satu masuk Sundance. Makasih ya, teman-teman yang udah nonton. Tahun ini Kita nyumbang 5,5 juta lebih penonton, 12 persen dari seluruh penonton film Indonesia tahun ini. Semoga 2020 saya masih bisa berkontribusi untuk perfilman Indonesia. Amin.”

 

Sutradara yang telah berkarya selama kurang lebih 15 tahun di perfilman Indonesia tersebut berhasil memadukan komersialisme dan idealisme melalui karya-karyanya. Terbukti dengan film ‘Gundala’ yang masuk seleksi Toronto International Film Festival dan ‘Perempuan Tanah Jahanam’ yang terpilih untuk diputar di Sundance International Film Festival. Keduanya juga masuk dalam 10 besar Box Office Indonesia. Pencapaian ini membuktikan bahwa film yang berkualitas juga bisa laku di pasaran dan masuk festival luar negeri. Selain itu, masuknya ‘Gundala’ dan ‘Perempuan Tanah Jahanam’ ke dua festival luar negeri dalam rentang waktu yang terlalu jauh jarang dilakukan oleh sineas manapun.

 

Joko Anwar juga mendapatkan dua nominasi Piala Citra di kategori Penulis Skenario. Penulis Skenario Asli Terbaik untuk film ‘Orang Kaya Baru’ dan Penulis Skenario Adaptasi Terbaik untuk film ‘Gundala’.

 

Selain berterima kasih, ia juga memberikan kata penutup yang mengindikasikan projek-projek berikutnya di tahun 2020. Joko sendiri merupakan produser dari Jagat Sinema Bumilangit yang dua filmnya akan ditayangkan tahun depan yaitu ‘Virgo & the Sparklings’ dan ‘Sri Asih’.

 

 

 

 

Tentang Bumilangit

Berdiri tahun 2003, Bumilangit merupakan tonggak awal dimulainya sebuah ikhtiar untuk membangkitkan kembali budaya penceritaan komik bertema kepahlawanan di Indonesia. Bumilangit adalah sebuah keluarga bagi banyak seniman pencipta dari generasi awal hingga kini, juga bagi para penggemar setia yang selalu menghargai karya-karya seniman.

 

Kini Bumilangit menjadi sebuah perusahaan hiburan berbasis karakter terdepan di Indonesia yang mengelola pustaka karakter terbanyak, lebih dari 1,100 karakter-karakter komik yang telah diterbitkan selama enam puluh tahun terakhir. Kekuatan dari karakter-karakter ini tidak hanya berdasarkan popularitas semata, tetapi melainkan pada kekayaan cerita komik dari setiap karakter.

 

Tentang Screenplay Films

Screenplay Films adalah perusahaan produksi inovatif yang telah memproduksi film Indonesia dari berbagai genre. Screenplay Films selalu memproduksi film-film Indonesia yang berkualitas dan bertujuan untuk mengangkat konten lokal dan menjadikannya materi yang dapat dipasarkan secara internasional.

 

Dikenal melalui genre romansa remaja, aksi, dan horor. Screenplay Films yang sudah merilis film-film seperti ‘Sebelum Iblis Menjemput’, ‘The Night Comes For Us’ dan tahun ini ‘Orang Kaya Baru’ dan ‘Hit & Run’. Ke depannya Screenplay Films masih terus memproduksi film-film Indonesia dari beragam genre.