| Akhir Pekan bersama Para Maestro Komik Internasional

Posted on Sep 12, 2018

Laporan dari Singapore Toys Games & Comic Convention (STGCC)

Penggemar budaya pop Singapura baru saja usai menyelenggarakan perhelatan terbesar mereka tahun ini. Khusus untuk penggemar komik, STGCC tahun ini diikuti oleh beberapa nama besar di bidang industri penerbitan, action figur dan sejenisnya, Tim BumiLangit pun berkesempatan hadir memenuhi undangan dan kesempatan ini kami  berbagi dengan anda.

Nama besar di bidang komik yang telah mendunia seperti, Arthur Adams (fantastis empat, x-men), David Finch (Batman, MoonKnight), Adi Granov (Iron Man), Frank Cho (Harley Quinn), Stephanie Hans (Angela), Joyce Chin (Wynona Earp) dan Artist komik lokal  Sonny Liew, hadir di booth masing-masing.

Event STGCC juga memamerkan talenta yang mumpuni dari para seniman yang berasal dari: Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, bahkan Jepang, mereka datang dengan antusias dan berbagi karya mereka saat ini tentang : action figur, mainan, permainan, ilustrasi, dan komik. Dan diantara mereka juga, hadir seniman dari Indonesia yang berpartisipasi, ada Chris Lie dari Caravan Studio, Sami Basri (seniman DC), dan Noval Hernawan (Equator’s Emerald).

Bagi para penggemar, acara ini adalah kesempatan besar dan langka untuk bertemu idola mereka, sesi booksigning, demo gambar, talkshow, dan  berfoto narsis disetiap sudut hall. Untuk para kreator, ajang ini memberi mereka kesempatan untuk lebih mendekatkan diri ke penggemarnya, dan untuk pelaku industri tentunya lebih kepada fokus untuk memperluas jaringan mereka.

Dari Bumilangit diwakilkan oleh Iwan Nazif , dan Ecky (editor), disana mereka berkesempatan menunjukkan preview komik Si Buta dari Gua Hantu kepada para artis komik terkenal.

David Finch mengakui keahlian yang bagus dalam gaya visualnya. Arthur Adams pun tak luput memberikan saran yang sangat berharga, dan beliau mengagumi ilustrasi sampul yang dikerjakan oleh Ardian Syaf. (lineart komik Mandala), Stephanie Hans bahkan menyediakan lebih banyak waktu untuk membahas layput dan komposisi teks. Mereka semua memberikan dukungan, semangat, motivasi agar rilis ulang Si Buta dari Gua Hantu (kerjasama produksi antara Bumilangit dengan Penerbit KOLONI,Gramedia) bisa terealisasi, tanpa ada kendala sekitar  akhir September 2018, di perhelatan POPCON ASIA 2018.

STGCC telah menjadi salah satu suar dibelahan asia bahkan mendunia, tetapi ingat, Indonesia pun akan menyelenggarakan event rutin tahunan spt POPCON ASIA di akhir September dan Indonesia Comic Con diakhir Oktober 2018.
Bumilangit berharap bisa berpartisipasi untuk memberikan surprise kepada para penggemar superhero Indonesia di salah satu event yang tersebut diatas. <eq>
Salam Hangat